Atomic Absorbition SpectrofotometerThis is a featured page

ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETER

AAS merupakan kepanjangan dari Atomic Absorption Spectrophotometer, yang bertujuan untuk mengetahui kadar logam berat. Metode yang digunakan sebagai dasarnya adalah spektrofotometri.
Cara kerja alat ini yaitu berdasarkan absorbsi panjang gelombang. Urutan cara pemakaiannya yaitu menghidupkan alat dengan menekan tombol ON. Kemudian larutan sampel diserap. Setelah itu larutan sampel masuk ke dalam ruang pembakaran. Ruang pembakaran ini menggunakan asetilen sebagai pembakar sampel. Tujuan pembakaran adalah menghasilkan warna nyala khusus tiap logam berat yang kemudian diserap oleh lampu detektor. Dari lampu detektor ini melalui serangkaian proses elektronik data dialirkan ke komputer, dihadirkan dalam bentuk peak. Seperti cara kerja HPLC, yang dilakukan adalah mencari luasan di bawah peak untuk mencari kadar logam berat tersebut.
Asetilen termasuk gas beracun, dan hasil pembakarannya pun memungkinkan mengandung gas-gas beracun, maka di atas ruang pembakaran disediakan blower untuk menyerap gas-gas tersebut dan kemudian melalui pipa dibuang ke udara bebas. Cara kerja pembuangan ini mirip dengan pengenceran di mana gas yang dibuang diencerkan melalui udara bebas sebagai solven sehingga kadar gas tersebut menjadi sangat kecil dan tidak berbahaya bagi lingkungan.
Kelebihan dari AAS adalah :
  1. Lebih akurat
  2. Lebih cepat dibandingkan spektrofotometri menggunakan spektronik model lama
Sedangkan kekurangan dari AAS yaitu :
  1. Kita harus mengetahui logam berat apa yang terkandung dalam sampel untuk dicari kadarnya
  2. Harganya mahal, tidak semua kalangan dapat memakai



arindradita
arindradita
Latest page update: made by arindradita , Apr 21 2009, 7:38 AM EDT (about this update About This Update arindradita aas - arindradita

4 words deleted

view changes

- complete history)
Keyword tags: AAS (edit keyword tags)
More Info: links to this page

Anonymous  (Get credit for your thread)


There are no threads for this page.  Be the first to start a new thread.

Related Content

  (what's this?Related ContentThanks to keyword tags, links to related pages and threads are added to the bottom of your pages. Up to 15 links are shown, determined by matching tags and by how recently the content was updated; keeping the most current at the top. Share your feedback on WikiFoundry Central.)